IT Mix with Electronics Design

PANDUAN CEPAT PRAKTIKAL
HIT TIME ATTENDANCE 3.6.2.04

TEAM DASENDO
2009


Buka Program HIT Time Attendance Admin :

Username dan Password defaultnya adalah Username : “Administrator” dan Password : “password” tanpa tanda petik.

Tampilan utama program HIT Time Attendance Admin 3.6.2.04 adalah sebagai berikut :

Untuk membuat agar mesin absensi Magic 3100 bisa Connect dengan Komputer maka harus dilakukan langkah seperti dibawah :

Klik List Menu di Sidebar disamping kiri pada menu Terminal kemudian

Klik Terminal Information ( Khusus Koneksi untuk Tipe 3100 adalah Serial / RS232 )

Klik Add New -> dan isikan informasi terminal seperti berikut :

Isikan Terminal ID : 1, Description misal : 3100, Connection : Serial Port Misal 1

Pasang ujung kabel ke Port Serial Komputer dan ujung kabel lainnya ke mesin absensi Magic 3100.

Klik Connection Status untuk mengetahui apakah koneksi antara mesin Absendi Magic 3100 dan Komputer sudah terkoneksi dengan baik, jika sudah baik maka akan tampil keterangan “Connect’ di kolom sebelah kanan.

Apabila koneksi ternyata tidak berhasil maka Connection Status akan menpunyai keterangan Error seperti tampilan sebagai berikut :

Jika terjadi hal seperti dibawah check kabel serial / RS232 apakah sudah terpasang dengan baik atau belum, kemudian check apakah port 1 sedang digunakan apabila digunakan coba pergunakan port 2 atau port yang berikutnya. Pada komputer yang terbaru sekarang ini, port serial hanya terdiri hanya 1 buah.

Langkah selanjutnya adalah Terminal User List : dimana menu ini dipergunakan untuk sinkronisasi data antara mesin absen Magic 3100 dan Komputer.

Klik Menu Terminal User List di Sidebar, maka akan tampil window Terminal User List, kolom sebelah kiri bawah adalah database pada komputer dan kolom di sebelah kanan bawah adalah database pada mesin absensi Magic 3100.

Klik Terminal – View Terminal User List – Centang Fingerprint ID di kolom sebelah kanan – klik Download untuk download data jari dari mesin absensi ke komputer ( kolom Status menjadi FP ), ini wajib dilakukan jika nantinya mesin ada masalah maka data jari ada di komputer dan bisa diupload ( User info and Finger ) ke mesin yang baru atau mesin cadangan.

Centang Fingerprint ID di kolom sebelah kiri – Centang User Info Only – Klik Upload ( untuk upload Nick Name ke mesin absensi – muncul pada saat melakukan absen ).

Kita Lanjutkan untuk pembuatan Shift Setting, Group Shift Setting, Department Setting, Employee Information Setting. Klik Menu Tools di Sidebar sebelah kiri ditandai dengan Kotak Hijau sebagai berikut :

Shift Setting dipergunakan untuk memasukkan Jam Kerja yang berlaku pada perusahaan misal STAFF untuk hari Senin sampai Jum’at 08.00 – 17.00 dan misal SABTU untuk hari sabtu : 08.00 – 13.00.

Group Shift Setting merupakan pola kerja yang berlaku selama satu minggu.

Department Setting dipergunakan untuk informasi department atau bagian – bagian yang ada di perusahaan.

Employee Information Setting terdiri dari biodata dari karyawan dimana fingerprint ID di komputer harus sesuai dengan Fingerprint ID pada mesin agar data bisa ditampilkan pada Laporan.

Klik Shift Setting – Add New dan Isikan Shift Code misal STAFF, Shift Name misal STAFF Shift Begin misal 08.00 Shift End misal 17.00 dan klik Save. Seperti contoh dibawah:

Untuk mengetahui Shift apa saja yang sudah anda masukkan bisa dilihat dengan klik tombol kecil titik dua, yang ditandai kotak berwarna hijau.

Shift Off dan Shift OT merupakan shift default bawaan dari program, dan shift yang anda masukkan ada dua yaitu STAFF dan STAFF_SABTU.

Klik Group Shift Setting di Sidebar – Add New Isikan data Group Shift Code misal STAFF Group Shift Name misal STAFF dan isikan shift yang sudah anda buat sebelumnya pada tiap hari sesuai dengan pola yang berlaku pada perusahaan, misal senin – jum’at : STAFF, sabtu : STAFF_Sabtu. Untuk mengisikan Shift Klik tombol kecil titik dua yang ditandai kotak hijau kecil gambar diatas. Seperti contoh dibawah

Untuk melihat Group Shift Setting yang sudah anda buat bisa dengan klik tombol yang ditandai dengan kotak hijau. Dan tampilannya adalah sebagai berikut :

Klik Department Setting di Sidebar – Add New – Isikan Department Code misal MARKETING, Department Name misal MARKETING – Pilih Group Shift Code yang dipergunakan misal STAFF

Untuk melihat Department apa saja yang sudah anda masukkan bisa dilihat dengan klik tombol yang ditandai dengan kotak berwarna hijau. Dan tampilan adalah sebagai berikut :

Langkah pembuatan Employee Information Setting

Klik Employee Information Setting di Sidebar – Add New – Isikan pada baris yang ditandai dengan warna kuning atau kotak berwarna hijau. Fingerprint ID bisa nomor urut maupun nomor berpola misal ID yang dimulai dengan angka 7 : 70001-79999 adalah untuk MARKETING Contoh seperti dibawah :

Klik tombol kotak berwarna hijau untuk mengetahui data yang sudah anda masukkan.

Langkah selanjutnya adalah untuk menarik data pada mesin absensi.

Jalan Program HIT Time Attendance Retrieve, seperti pada tampilan dibawah ini :

Tunggu sampai muncul data pada tanda kotak yang berwarna hijau. Jika sudah muncul tutup, jika ada masalah data belum muncul bisa menutup program HIT Time Attendance Admin terlebih dahulu dan jalankan HIT Time Attendance admin lagi.

Kemudian Menu proses – menu ini wajib dilakukan agar data bisa ditampilkan pada laporan.

Klik Proses – Proses Transaction Log Data, maka tampil window sebagai berikut :

Klik Modify – Centang pada Check for Select all of Emplooyee – Centang pada Proses all of Function key as Employee Attendance, setting Begin Period misal mulai tanggal 01-11-2009 dan End Peiod misal 30-11-2009, ini periode data yang nanti tampil di laporan – Klik proses.

Klik Report – Report Employee Attendance maka tampil windows seperti dibawah :

Begin Period dan End Period disetting sesuai dengan yang ingin kita tampilkan pada Laporan. Print Selected digunakan untuk cetak sesuai dengan yang anda Pilih, Print All digunakan untuk cetak semua. Refresh untuk filter, pilih department dulu dan klik Refresh.

Gambar diatas adalah Laporan yang anda dapatkan dari mesin absendi Magic 3100.

Tanggal 03-11-2009 terlambat selama 15 menit sehingga di Kolom Late In tercatat 0h15min, dan Overtime dikarenakan pulang terlambat jam 18.01 tercatat di kolom Overtime 1h1min.

Pada Tanggal 04-11-2009 Terlambat selama 37 Menit dan Pulang lebih awal dikarenakan pulang jam 16.05 tidak sesuai dengan jadwal sehingga pada Kolom Early Departure atau pulang lebih awal 0h55min.

Terimakasih

Semoga Bermanfaat.

About these ads

Comments on: "Panduan Cepat Praktikal HIT Time Attendance 3.6.2.04" (16)

  1. Tolong donk di kasih tau cara mengambil laporan kehadiran baik lwt Flasdisk atau jaringan langsung yang lebih detail karena kami kesulitan mengambil report absensi. mks infonya

    • Mochammad Effendi said:

      Iya bu Hari ini saya Upload Panduan Praktikal untuk mengambil Attendance Log dengan Flashdisk

      Terimakasih

  2. mas fendi, saya menggunakan finger print Magic ssf. tolong di share donk sdk-nya atau downloadnya dr mana ? matur nuwun..

  3. mas kenapa di kantor saya MP-3100 dengan software seperti diatas tidak bisa terhubung dengan terminal (muncul error terus) padahal udah pake port com1, dan saya cek kabel portnya baik2 saja.
    apa ada utility ato program lain untuk membantu agar bisa terhubung?

    mohon petunjuknya mas, terimakasih sebelumnya.

    • Mochammad Effendi said:

      Coba di bawa ke kantor kami untuk ditest,

      atau jika mau test mungkin bisa diinstall di komputer yang lain dulu.

      kantor kami di 031-8701999 dengan Bu Dina

  4. Saat saya retrieve data absen semuanya bisa ditarik dan dapat pula dproses, hanya setelah saya Export Employee Daily Attendance To Ms. Excel Files.. (Print All) ada beberapa staff yang tidak tercetak datanya karena mereka absen sebelum jam 6 pagi, apakah ada konfigurasi yang salah sehingga staff yang absen sebelum jam 6 pagi datanya tidak bisa di print, saya pakai HIT TIME ATTENDANCE 3.5.0.01.. terimakasih

    • Mochammad Effendi said:

      Check pada menu alat – pengaturan informasi umum – atur waktu toleransi kehadiran seharusnya disetting pada 03 : 00, ini berarti bahwa 3 jam sebelum jam masuk, misal jika jam masuk jam 08.00, rentang waktu 3 jam sebelumnya, jam 05.00 – 08.00 dideteksi sebagai jam masuk, pada saat kita absen jam 04.59 maka akan dianggap sebagai jam pulang hari sebelumnya. terimakasih semoga membantu

  5. Mas, di kantor saya ketika mendaftarkan terminal finger print di aplikasi dan mengecek koneksinya yg menggunakan ethernet muncul pesan “the device version is not correct…,….” itu kenapa ya mas?

    • Mochammad Effendi said:

      Coba merk dicheck kembali -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸Thank You•̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ™

  6. nanya dong, komputer absensi nya habis saya instal ulang windows xp, terus cara narik datanya dari mesin absensi HIT Magic Plus 4100 gimana ya

    terima kasih

    • terus saya sudah pasang kabelnya di Com1, apa sudah langsung otomatis konek ke mesin fingerprintnya atau musti setting lagi, mohon bantuannya

      • Mochammad Effendi said:

        harus di setting lagi di softwarenya :

        Terminal -> terminal information -> add ( tambah )

        Terimakasih semoga bermanfaat

    • Mochammad Effendi said:

      apakah menggunakan kabel Lan atau USB Flashdisk Pak?

  7. mas, mau tanya gimana caranya menghapus data log yang ada di fingerprint mp3100 semuanya, masalahnya ini fingerprint nya mau digunakan dikantor lain, mohon bantuannya, tq

  8. Saya mau tanya kalau salah satu data karyawan sudah ke hapus tapi saya masih membutuhkan Log data karyawan, bagaimana ya cara menampilkannya kembali??
    mohon bantuannya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: