IT Mix with Electronics Design

viorb_graphic_front

Pada era Windows Vista fitur compatiblitas yang dipunyai sangat tidak disukai oleh banyak pakar komputer dan IT seluruh dunia, salah satunya adalah dari perbankan dimana apabila harus migrasi ke Windows Vista, mereka haruslah mengembangkan lagi program yang sudah berjalan di Windows XP agar bisa berjalan di Windows Vista, pada Vista program-program Windows XP tidak semuanya akan bisa berjalan 100%, sehingga biaya migrasi belum ditambah biaya untuk pengembangan program baru untuk Windows Vista.

Vista sangat boros resource, membutuhkan hardware dengan spesifikasi yang tinggi, walaupun sudah menggunakan Intel Pentium Core 2 Duo, masih dirasakan kurang cepat, fitur Aero yang membutuhkan Graphic Card highend, dan akhirnya para pakar mengatakan bahwa Windows Vista adalah produk gagal.

Pada bulan oktober 2009 tepatnya tanggal 22 merupakan moment yang sangat besar bagi Microsoft untuk mengumumkan peluncuran Windows yang sudah dinantikan oleh seluruh tenaga IT, yaitu peluncuran Windows 7 (seven) dengan kode Vienna. Pada awal pengembangan sampai tahap beta yang diujicobakan ke para pakar sampai tahap RC (release candidate), dari RC1 sampai ke RC2, dimana RC1 sudah bocor ke public dan kemudian RC2 semua pakar IT mengatakan bahwa Windows 7 inilah penerus dari singgasana Windows yang sesungguhnya dan akhirnya Windows 7 Build 7600 sah sebagai RTM (release to market).

Windows 7 mempunyai fitur yang sangat mengoptimalkan kinerja dari sebuah processor, sehingga mempunyai kinerja yang sangat cepat dan memuaskan. Sesuatu yang tidak dimiliki oleh Windows Vista, dan fitur baru yang hanya ada di Windows 7 adalah Windows XP Mode walaupun memang tidak di semua versi hanya pada versi Professional, Ultimate, Enterprises dan processor khusus yang harus mempunyai fitur Virtualization. Untuk mengetahui processor anda bisa menjalankan Windows XP Mode bisa didownload disini : Microsoft® Hardware-Assisted Virtualization Detection Tool

Pada artikel ini apabila fitur Virtualisation tidak dimiliki oleh Prosessor anda, maka kita gunakan produk dari SUN yang gratis yaitu Virtual Box, yang sekarang sudah mempunyai versi 3.1.2 bisa download disini SUN Virtual Box 3.12 memang ada program lain tetapi berbayar : VMWare 6.5, tetapi untuk fitur tidak terlalu berbeda. Walaupun memang untuk pakar IT yang menangani Server Data, Server Mail lebih memilih VMWare untuk menjalan sistem operasi secara virtual pada Server-Server mereka untuk penghematan dalam hal Hardware.

Setelah anda download bisa dijalankan dengan tampilan seperti dibawah :

Install Sun Virtual Box 3.1.2 sampai selesai dan kemudian jalankan.

Buat Mesin virtual yang baru, pada Virtual Box disediakan beberapa Sistem Operasi yang dapat berjalan, tidak hanya Windows saja, Linux, Free BSD, Sun Solaris, IBM OS/2, dan Macintosh versi 10.4.8 versi Hacintosh.

Berikan nama misal Microsoft Windows XP Mode

Tambahkan nilai memory yang digunakan sebesar 512mb, atau 1024mb tergantung dari jumlah memory utama yang anda pergunakan, jika 2Gb anda bisa pergunakan 512mb, jika 4Gb bisa sebesar 1024mb.

Klik Mulai, kemudian pilih sistem operasi anda bisa dalam bentuk CD ataupun ISO, saya menyarankan dalam bentuk ISO untuk mempercepat instalasi.

Sistem Virtual sudah mulai berjalan untuk instalasi sistem operasi Windows XP.

Install Sun Virtual Box Guest additions, agar antara windows Guest dan Host bisa berjalan dengan lebih baik, misal Mouse tidak perlu lagi ditangkap oleh Guest, dikarenakan sudah ada fitur untuk menangkap dan melepaskan mouse secara otomatis, dan fitur yang paling oke adalah fitur agar Guest OS dan Host OS dapat berjalan secara Seamless.

Gambar diatas merupakan Sun Virtual Box yang menjalan Windows XP dengan mode Seamless antara Windows XP dan Windows 7.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: